SELAMAT DATANG, SELAMAT MEMBACA DAN MENIKMATI, KRITIK DAN SARAN TAK LUPA SAYA NANTIKAN Berhubungan Dengan Sel ~ Alfaien Bahruel

Kamis, 28 April 2011

Berhubungan Dengan Sel

A. Orallit
Oralit merupakan produk kesehatan yang dikonsumsi saat mengalami diare. Kandungan oralit yang utama adalah campuran antara NaCl dengan gula (glukosa atau sukrosa). Fungsi oralit yang utama adalah menjaga keseimbangan jumlah cairan dan mineral dalam tubuh. Oralit merupakan satu-satunya obat yang dianjurkan untuk mengatasi diare yang menyebabkan banyak kehilangan cairan tubuh. Oralit tidak menghentikan diare, tetapi mengganti cairan tubuh yang hilang bersama tinja. Dengan mengganti cairan tubuh tersebut, terjadinya dehidrasi dapat dihindarkan.
Sebagai contoh komposisi Oralit 200 antara lain mengandung : glukosa anhidrat 4,0 gram, natrium klorida 0,70 gram, natrium sitrat dihidrat 0,58 gram , kalium klorida 0,30 gram. Sedangkan dalam keadaan darurat, kita bisa membuat air minum yang diberi campuran gula putih (sukrosa) dengan garam dapur.
Kombinasi gula dan garam dapat diserap baik oleh usus penderita diare, karena ion natrium merupakan ion yang berfungsi allosterik (berhubungan dengan penghambatan enzim karena bergabung dengan molekul lain). Sleain itu, garam mampu meningkatkan pengangkutan dan meninggikan daya absorbsi gula melalui membran sel. Gula dalam larutan NaCl (garam dapur) juga berkhasiat meningkatkan penyerapan air pada dinding usus secara kuat (sekira 25 kali lebih banyak dari biasanya), sehingga proses dehidrasi tubuh dapat dikurangi/diatasi.
Yang perlu diingat pengobatan “bukan” memberi obat untuk menghentikan diare, karena diare sendiri adalah suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kontaminasi makanan dari usus.  Mencoba menghentikan diare dengan obat seperti menyumbat saluran pipa yang akan keluar dan menyebabkan aliran balik dan akan memperburuk saluran tersebut. Yang terpenting pada diare adalah mencegah dan mengatasi gejala dehidrasi. Tujuannya adalah untuk mencegah dehidrasi
B. Tabel perbedaan Mitokondria dan Kloroplas
Uraian
Mitokondria
-          Kloroplas
·         Struktur








·         Sel

·         Reaksi Biokimia







·         Strukrur Materi Genetik
-          Panjang ± 10 µm.

-          Memiliki membran luar dan sistem membran dalam yang komplek.
-          Membran dalam berinvaginasi menjadi krista.
-          Terdapat ruang intermembran dan matriks.
-          Di dalam sel hati mitokondria terdapat 15-20% sel.
-          Energi yang terikat pada gula →oksidasi→CO2 dan H2O →dengan sistem kerja yang sangat efektif dan efisien.
-          Pemecahan molekul oksidasi asetil CoA menjadi CO2 dan H2O.
-          Proses Glikolisis degradavi 1 molekul gula menjadi 2 piruvat.
-          Proses kemiosmotik menggunakan reaksi yang menggunakn oksigen→NADH dan FADH2
-          Siklus kreb baik yang mengunakan O2  maupun tidak.



-          Memiliki DNA sirkular yang mengkode enzim dan beberapa protein yang diperlukan mitokondria untuk aktivitas mitokondria (beberapa protein yang  diperlukan mitokondria dikode oleh inti).
-          Matriks mitokondria mengandung DNA sirkuler.
-          Berbentuk lensa ukuran ± 2-4 µm.
-          Membran luar kloroplas mengandung porin.

-          Membran dalam membentuk tilakoid.
-          Membran dalam impermeable.
-          Klorplas pada tumbuhan terdapat 20-40% sel.
-          Reaksi fotosintesis 6 CO2 + 6 H2O + E matahari C6H12O6 + 6 O2.
-          Reaksi bergantung cahaya energi matahari yang diabsorpsi dan disimpan dalam bentuk energi ATP dan NADPH.
-          Reaksi yang tidak bergantung cahaya, sintesis karbohidarat dan CO2 dengan menggunakan energi dari ATP dan NADPH.
-          Reaksi terang pada fotosistem I 2H2O + 2 NADP+ →2NADPH + O2.
-          Adanya siklus calvin pada saat fiksasi CO2 dan sintesis karbohidrat.

-          DNA double stranded, sirkular, kecil dan ribosom.
-          DNA mengkode tRNA, rRNA, 100 polipeptida yang membantu dalam reaksi cahaya & pengikatan CO2
-          Kebanyakan protein kloroplas dikode oleh DNA inti.










C.Penyimpanan hasil fotosintesis
Kenapa hasil fotosintesis pada umbi akar  itu di simpan pada akarnya sedangkan seperti yang kita ketahui bahwasanya proses fotosintesis dan tempat penyimpanan energy pada tumbuhan terjadi di daun ?
Karena semuanya sudah di design oleh DNA , seperti halnya pada umbi bahwasanya tempat penyimpanan cadangan makanannya yaitu di akar, seandainya cadangan makanan pada umbi di simpan pada daunnya maka daun pada umbi akan mengalami pengembungan dan stomata dan kloroplasnya akan tertutupi dan tertimbun  oleh cadangan makanan tersebut sehingga proses fotosintesis pada umbi akar tersebut terganggu dan proses masuk keluarnya gas CO2 dan O2 juga terganggu sehingga tumbuhan umbi akar tidak bisa melangsungkan hidupnya dan memproduksi makanannya dengan sendiri lagi, maka dari itulah cadangan makanan pada umbi akar di simpan di akarnya agar bisa di sebarkan ke bagian yang lain dan tidak mengganggu proses fotosintesis sehingga umbi akar tersebut tetap bisa memproduksi makanannya lagi .hal ini sangat berkaitan dengan konsep biologi bahwa struktur itu mengikuti fungsi. Hal ini juga di jelaskan di  Alquran  Surat Ali Imran ayat 191:
tûïÏ%©!$# tbrãä.õtƒ ©!$# $VJ»uŠÏ% #YŠqãèè%ur 4n?tãur öNÎgÎ/qãZã_ tbr㍤6xÿtGtƒur Îû È,ù=yz ÏNºuq»uK¡¡9$# ÇÚöF{$#ur          $uZ­/u $tB |Mø)n=yz #x»yd WxÏÜ»t/ y7oY»ysö6ß $oYÉ)sù z>#xtã Í$¨Z9$# ÇÊÒÊÈ  
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka periharalah kami dari siksa api neraka.
D. Surat Yasin ayat 34
$oYù=yèy_ur $ygŠÏù ;M»¨Zy_ `ÏiB 9@ŠÏƒ¯U 5=»oYôãr&ur $tRö¤fsùur $pkŽÏù z`ÏB Èbqããèø9$# ÇÌÍÈ  
Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air

Ø  Penafsiran menurut tafsir Al-Maraghi
     Bahwa demikian pula dengan air itu ,Dia menghidupkan dan menumbuhkan setiap tumbuhan.
     Qatadah mengatakan : “ Kami menciptakan setiap yang tumbuh dari AIR”, maka termasuk ke
     Dalam setiap yang tumbuh itu adalah hewan dan tumbuhan.  
Ø  Penafsiran sendiri
     Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah  menciptakan  mahluk hidup tidak lepas dengan air, dengan artian bahwa proses penciptaan manusia pasti menggunakan H2O. karena air merupakan unsur penting dalam penciptaan tubuh manusia.
     Hal ini terbukti pada tubuh manusia sebagaian besar terdiri dari air. Lebih dari 70 % tubuh  mahluk hidup terdiri dari air. Hal ini dapat di ketahui dengan tersusunnya sel atas sitoplasma yang mana sitoplasma itu 90 % berupa cairan dan organisme –organisme seperti manusia, hewan, tumbuhan tingkat tinggi yang termasuk multiselluler sangat memerlukan air dalam rangka regenerasi sel-sel penyusun tubuh .  Air berperan dalam membantu melarutkan berbagai nutrient dan mengalirkannya ke seluruh tubuh . Air juga membantu mengeluarkan pembuangan akibat proses metabolism di dalam tubuh.






    





Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons